| Aplikasi | Game Android |Game PSP | Game PC |Game Java | Artikel Islam | Tanya Jawab Seputar Islam | Bisnis | Dunia Kampus |

Sunday 24 January 2016

Tips Cara Mandapatkan IP (Indeks Prestasi) di Atas 3 Dengan Mudah

Ads Responsive

Tips Cara Mandapatkan IP (Indeks Prestasi) di Atas 3 Dengan Mudah

Assalamualaikum
                                                           
IP adalah suatu nilai (indeks Prestasi) akan dapat setipa mahasiswa setelah melakukan Ujian atau setiap semester, tapi nilai ini sebenernya hanya sementara saja. Nilai akhir ketika lulus nanti namanya adalah IPK. Tapi jika nilai IP kita setiap semester bagus terus maka nilai IPK kita juga akan bagus.
Terus apakah bedanya IP dengan IPK ? jika IP adalah nilai atau indeks prestasi mahasiswa yang maish sementara sedangkang IPK adalah indeks prestasi Kumulatif indeks prestasi akhir. Jadi utuk mendapatkan IPK yang bagus nilai IP kamu setiap semester harus bagus dan konstan atau mengalami kenaikan setiap semester. Sebenernya gimana sih cara mendapatkan IP itu ? apa sama dengan cara mendapatkan nilai raport seperti yang ada di SMA ?
Jadi untuk mendapatkan nilai IP kita harus menuruti atau mematuhi perjanjian yang sudah kamu buat dengan dosen ketika awal masuk. Misal :
  • Presensi di ambil 10%
  • Nilai Tugas di Ambil 20%
  • Nilai UTS (Ujian Tengah Semester) di ambil 30%
  • Nilai UAS (Ujian Akhir semester) di ambil 40%

Nilai nilai tersebut akan di kalkulasikan oleh dosen sehingga dapatlah nilai IP. Dulu kata orang, dosen itu memberi nilai kepada mahasiswnya tidak objektif, alias semaunya sendiri. Misal ketika kita punya masalah dengan dosen tersebut maka walaupun nilai kita bagus bagus, bisa jadi dosen tersebut memberi nilai yang jelek (ini kata orang). Tapi tenang saja sobat, jika teman teman mendapatkan perlakuan seperti itu, maka dengan perjanjian di atas kamu bisa protes dengan dosen yang bersangkutan.
Untuk nilai presensi setiap fakultas di Universitas universitas di indonesia berbeda beda. Ada yang memberi kebijkana minimal 75% agar siswa dapat mengikuti UAS. Dan ada juga mungkin yang harus 80% atau 70 %. Awas hati hati dengan nilai presensi ini, kamu harus ingat ingat kebijakan yang berikan fakulatas berapa persenkah yang di berikan. Misla begini :
Fakultas memberikan minimal 75% presensi kurang dari itu maka tidak akan bisa mengikuti UAS atau Ujian Akhir semester.
Jika yang di berikan adalah 75% berarti kamu di beri jatah 3 kali bolos/tidak masuk kuliah setiap mata kuliah. Misal mata kuliah Agama 3 kali tidak masuk kuiah, mata kuliah Teknik elektro 3 kali tidak masuk dan seterusnya. Ini yang biasanya membuat para mahasiswa terlena. Karena terlalu sering mengambil jatah yang 3 kali tersebut, biasanya mahasiswa lupa sudah berapa kali ia tidak masuk kuliah di mata kuliaah tersebut. Al hasil tidak mengiktui Ujian Akhir semster dan niali pun pasti D kalau gak E. Saya berpesan gunakanlah kesempatan yang 3 hari itu untuk tetap kuliah, kecuali memang ada hal atau masalah yang sangat penting. Misal ada keluarga yang datang ke kost, atau lagi sakit atau lagi ada masalah yang lain. Jangan gunakan kesempatan yang 3 kali ini hanya untuk bermalas malas di kos atau jalan jalan kemana.

Disini saya punya TIPS TRIK agar bisa Mandapatkan IP (Indeks Prestasi) di Atas 3 Dengan Mudah
Kebanyakan orang bilang mendapatkan nilai IP itu susah, tergantung dosennya apakah kenal atau sering melihat kita maju ke depan atau seenggaknya kenal atau tau nama. Tapi semua itu saya tepis dengan cepat jika kamu berpendapat seperti itu. Apalagi jika kita mengambil jurusan TEKNIK Sudah mata kuliahnya susah,  di tambah dengan dosennya Killer. Tips Cara Mandapatkan IP (Indeks Prestasi) di Atas 3 Dengan Mudah ini berdasarkan pengalaman saya dan alhamdulillah hasilnya tidak mengecewakan. Jadi tips trik ini memang sudah benar adanya bukan tips trik yang masih hanya sebatas omongan belaka. Pengen tau gimana tips triknya ? oke langung saja simak denga baik baik.

Ketika kamu masuk awal awal kuliah pasti kamu akan di beri perjanjian dengan dosen matkul yang bersangkutan (seperti yang sudah saya jelaskan di atas)
Bila perlu kamu cacat perjajanjiannya, ini untuk mengantisipasi siapa tau hal buruk terjadi antara kamu dengan dosen hehe.

  • Maksimalkan presensi


Jika dalam perjanjian presensi termasuk ada nilainya, seperti yang di atas tadi nilainya 10%. Maka maksimalkan nilai tersebut. Pokoknya jangan sampai nilai presensi ini tidak kamu dapatkan. Orang gak perlu mikir kalo yang ini, tinggal kamu berangkat saja tok, sudah mendapatkan 10% nilainya. Ingat !!! disini saya tidak menganjurkan untuk berbuat curang, seperti TA atau titip absen. Disini tips yang kedua ini kamu sudah mendapatkan 10% nilai

  • Kerjakan Tugas dari Dosen (apa pun itu)


Disini yang cukup menarik, ini biasanya mahasiswa malas malas ketika mengerjakan tugas. Walaupun dosen gak menganggap itu tugas. Semisal gini, ada tugas dari dosen untuk mengerjakan soal ya walaupun itu sepeele, tapi biasanya mahasiswa malas untuk mengerjakan itu. Nah tugas itu kan pasti nnati banyak, jika kamu ada yang kosong 1 pasti nilai tugas nanti kamu gak akan sempurna.
Pokoknya jika di beri tugas oleh dosen, kerjakan saaj ya walaupun itu kamu contek mencontek itu gak masalah, yang penting intinya kamu mengumpulkan TUGAS. Jika dalam semester ada 10 tugas, kamu harus 10 tugas, walaupun kamu negerjakan tugasnya sampai kepontang panting, kesana kemari gak karuan (apalagi untuk anak jurusan teknik, bisa bisa gak tidur semalaman). Ini semua untuk mengantisipasi ketika nilai anjlok di UTS atau UAS.

  • Maksimalkan Hasil UTS

Kenapa saya bilan maksimalkan hasil UTS ? karena biasanya soal UTS lebih mudah dari pada UAS. Tapi semua relatif. Jika kamu mempunyai otak yang cukup memadai, kamu gak usah belajar tiap malam tapi belajar ketika  mau UTS. Kamu pelajari soal soal tahun sebelumnya. *Ini saya punya sedikit rahasia, dimana sebagian dosen malah sebagian besar dosen mengambil soal ujiaanya dari soal tahun kemaren bahkan ada yang plek sama. Pasti setiap soal itu nanti akan ada yang sama 2 atau 1 soal. Sisanya hanya di ganti angka saja biasanya. Jadi ketika mau UTS kamu kerjakan dulu soal UTS tahun lalu, dan pelajari !!!
Biasanya sebelum ujian atau pertemuan akhir, dosen akan mengumumkan apakah ujian bersifat tertutup atau terbuka atau open Note. Jika dosen memberikan opsi open note (ini adalah rezeki yang sangat menguntukngkan bagi kamu). Ketika buat note, tulislah soal soal atau konsep konsep penting yang di tulis di papan tulis ketika belajar dulu, karena itulah yang akan keluar*. Intinya kamu harus maksimalkan nilai UTS, gak susah dan gak berat kok, jika kamu menjalaninya dengan santai tapi fokus.

  • Berjuang Untuk UAS


Jika tips tips sebelumnya sudah kamu jalankan dengan baik, kini kamu gak usah terlalu ngoyo ngoyo kalau bahasa jawanya. Kamu perlu berjuang untuk UAS ini. Kamu belajar seperti biasanya, kerjakan soal soal UAS saja dan pelajari juga buku catatan kamu yang sering di tulis oleh dosen di papan tulis. Minimal kamu bisa lah dapat nilai B.
Jika kamu sudah jalankan tips tips di atas, insya Allah kamu akan bisa mendapatkan nilai IP diatas 3.3. ini udah saya coba dan alhamduillah hasilnya cukup memuaskan dapat IP 3.4





Ads Responsive
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Just someone who proud to be called as Blogger, love to make Blogger template to spend a spare time.

Related : Tips Cara Mandapatkan IP (Indeks Prestasi) di Atas 3 Dengan Mudah

0 comments:

Post a Comment

Back To Top