| Aplikasi | Game Android |Game PSP | Game PC |Game Java | Artikel Islam | Tanya Jawab Seputar Islam | Bisnis | Dunia Kampus |

Saturday 16 January 2016

Inilah Materi matematika Yang Harus di Kuasai Agar Lolos Sbmptn 2016

Ads Responsive

Inilah Materi matematika Yang Harus di Kuasai Agar Lolos Sbmptn 2016

Assalamualaikum

Matematika, siapa yang tidak kenal dengan mata pelajaran yang satu ini. Dari dulu kelas 1 atau 2 SD pastu kamu sudah mendapatkannya. Ada yang bilang matematika adalah pelajaran yang paling di takuti para siswa dan ada yang bilang juga  matematika adalah pelajaran yang menyenangkan. Kalau kamu yang mana ?? menyenangkan atau menakutkan.
Tapi ternyata ada perbedaan antara sekolah di jepang dengan di indonesia, jika di indonesia kelas 2 sd itu pasti sudah mendapatkan pelajaran matematika. Yang dasar dasar seperti tambah tambahan 1+1=2 atau 2+2=4. Tahukah kamu bahwa di jepang itu sebaliknya, kelas 2 sd itu belum malah sama sekali belum ada pelajaran matematika. Jadi kalo anak sd kelas 2 indonesia sekolah di kelas sd 3 di jepang, pasti anak sd tersebut akan juara terus. Karena di indonesia dari kelas 2 atau 1 (saya lupa) pasti sudah di ajar matematika. (ini hanya sekedar share saja sob, kamu juga biar gak stres mikirin soal sbmptn hehe)


Jika sebelumnya itu matematika dasar, maka ini adalah matematika yang levelnya medium hehe. Tapi jangan takut saya akan memberikan tips triknya agar kamu bisa lolos sbmptn 2016 nanti, khususnya untuk mengerjakan soal Matematika IPA. Benar sekali, kali ini yang saya mau bagikan tipsnya adalah untuk Matematika IPA (bukan matematika dasar). Jadi untuk anak IPS jangan jadikan ini sebagai acuan kalian. Ini untuk matematika IPA.

Sebelumnya saya akan memberikan Kisi Kisi SBMPTN 2016 Soal Matematika IPA
Inilah Materi matematikaYang Harus di Kuasai Agar Lolos Sbmptn 2016
NO
Materi
Jumlah Soal yang Akan Keluar
1
Lingkaran
1
2
Suku banyak
1
3
Trigonometri
2
4
Limit dan Kontinuitas
1
5
Turunan
2
6
Ruang Lingkup turunan dan Trigonometri
0
7
Integral
2
8
Vektor
1
9
Bidang datar
0
10
Dimensi Tiga
1
11
Barisan dan deret
0
12
Permutasi dan Kombinasi
1
13
Peluang
2
14
Tranformasi
1

Total        
15

Itulah kisi kisi yang insyaAllah akan keluar si sbmptn2016 nanti. Karena berdasarkan pengalaman, kisi kisi sbmptn gak akan berubah yang materinya itu itu saja. Mungkin nanti bedanya ada di soal, misal jika tahun 2015 di tanya A maka tahun ini di tanya B. Karena sudah saya prediksi kisi kisi akan seperti itu. Kisi kisi ini saya dapat dari para pensurvei pembuat buku sbmptn yang sangat terknal. Jadi mungkin itu adalah kalkulasi kalkulasi kisi kisi sebelumnya.

Tips Trik

Jika kamu lihat kisi kisi di atas pasti langsung garuk garuk kepala sambil menggelang gelengkan kepala. Buseeet banyak bener masteinya yang harus di kuasai. Tenang saja teman, saya punya formulasi jitu agar kamu belajarnya lebih efisien dan tepat sasaran. Kalo menguasai semua materi di atas saya rasa yang yang sangat sulit, apalagi kamu juag sedang menghadapi Ujian Nasional.

Formulasinya cukup sederhana, kamu tidak usah sok jago menguasai semua kisi kisi di atas, cukup kuasai yang bener bener kamu kuasai dan yang menurut kamu mudah. Saran saya materi yang perlu kamu kuasai adalah :

  • Limit (menurut saya limit cukup bisa untuk di kerjakan)

Jadi setelah kamu materi limit kamu jadiin target, maka pelajari dan kuaai materi tersebut. Pokoknya khusus limit dulu sampai tuntas. Tapi jika sekiranya limit susah bagi kamu, ya monggo ganti dnegan materi yang menurut kamu mudah.
  • Suku Banyak

Seperti yang di atas, jika memang suku banyak menurutmu susah ganti misal dengan turunan atau yang lain. Tapi ingat jika sudah di tetukan targetnya, langsung pelajari sungguh sungguh sampai tuntas.

  • Transformasi

Kalo materi yang ini saya rasa kalian lumayan bisa lah, jadi tinggal pelajari lagi dengan santai tapi fokus.

  • Vektor

Apalagi yang ini, jika kamu mendengarkan gurumu ketika jelasin materi vektor di kelas, insya Allah kamu bisa lah utnuk vektor ini. Tapi kao memang vektor menurutmu susah, ganti saja dengan pilihanmu sendiri.

Intinya kamu fokuskan jiak target sudah kamu tentukan. Jika sudah di tentukan jangan ganti ganti dan jangan sok sok mempelajari yang lain. Pokoknya cukup 4 materi yang kamu tergetkan. Gimana sedikit kan materinya ??? dari pada kamu pelajari semua malah nanti ngalor ngidul kalo bahasa jawa nya hehe.
Dari 4 materi tersebut ya minimal kamu bisa lah jawab 2 soal matematika ipa di sbmptn 2016 nanti.

Tipsnya lagi, jangan sok ngisi soal pada saat sb nanti. Isilah yang kamu yakin benar, karena sistem penilaian sbmptn adalh minus dan plus. Jika benar maka skornya 4 dan jika salah -1. Tapi jika tidak di isi 0 nilainya. Jadi sepintar pintar kamu saja mengatur strategi penilaiannya.

Bagi yang ingin masuk jurusan teknik geodesi, geologi dan geomatika UGM saya punya tips triknya :
  1. Tips Cara Lolos Sbmptn 2016 Jurusan Teknik Geodesi dan Geomatika UGM
  2. Berapa Soal Yang Harus Saya Jawab Bener Agar Lolos SBMPTN 2016 Jurusan Teknik Geologi UGM

Mungkin hanya itu untuk kali ini, semoga kalian sukses dalam mengerjakan soal matematika ipa di sbmptn 2016 nanti.


Ads Responsive
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Just someone who proud to be called as Blogger, love to make Blogger template to spend a spare time.

Related : Inilah Materi matematika Yang Harus di Kuasai Agar Lolos Sbmptn 2016

0 comments:

Post a Comment

Back To Top